Rabu, 14 Januari 2015

Batik Khas Cilegon



Kota Cilegon yang dikenal dengan sebutan “Kota Baja”, juga memiliki seniman-seniman handal dengan sentuhan seninya. Salah stunya adalah H.Agus M. Patria, yang telah menciptakan design Batik “Lereng Lesung Mandiri”, sebagai batik Khas Kota Cilegon, yang menggambarkan simbol-simbol dari potensi yang dimiliki oleh Kota Cilegon, yaitu :
  1. Cilegon Sebagai Kota Agamis
  2. Cilegon Sebagai Kota Investasi
  3. Cilegon Sebagai Kota Industri
  4. Cilegon Sebagai Kota Budaya dan Wisata
  5. Cilegon sebagai Kot Pelabuhan
  6. Cilegon Sebagai Kota Pesisir
Warna Batik hitam dan Putih mempunyai arti, Kota Cilegon sebagai Kota yang menjunjung tinggi keberanian diatas kesucian hati.
Batik “Lereng Lesung” telah ditetapkan sebagai batik Khas Kota Cilegon dengan Peraturan Walikota Cilegon No.32 Tahun 2005 tanggal, 14 November 2005, dan telah didaftarkan ke Dirjen Hak Cipta Departemen Hukum dan Ham Nomor: 02866 tanggal 4 Oktober 2004 yang ditetapkan tanggal 5 Desember 2005.
Keterangan Gambar Design Batik “Lereng Lesung
Detai A : Simbol rumput laut yang dipadu dengan isen-isen ceck krem yang menggambarkan letak geografis Kota Cilegon yang dibatasi oleh garis pantai yang penuh dengan interaksi sebagai kota dinamis bagai air laut yang terus bergerak menghasilkan gelombang dan riaknya, sehingga menjadikan Kota ini sarat dengan dinamika kehidupan.
Detai B : Simbol Lesung diangkat dari salah satu seni budaya tradisional Kota Cilegon yakni“Bandrong Lesung” yang merupakan seni budaya yang berkembang dalam masyarakat Kota Cilegon, sekaligus merupakan kristalisasi dari nilai-nilai budaya, estetika, sikap, dan tata kehidupan masyarakat Kota Cilegon.
Detail C : Simbol Kubah Masjid merupakan gambaran tentang kepercayaan dan adat istiadat serta agama di Kota Cilegon sebagai manifestasi dari komunitas masayarakat Kota Cilegon yang bernuansa religius/agama.
Detail D : Simbol design motor elektronik merupakan gambaran bahwa Kota Cilegon dikenal sebagai Kota Industri baik secara skala nasional maupun internasional dan terbuka untuk para investor.
Detai A dan B : Simbol bungan melati, Mawar, dan rumput laut adalah simbol keadaan alam flora dan fauna Kota Cilegon yang memberikan gambaran bahwa masyarakat Kota Cilegon penuh kasih, cinta damai, dan ramah tamah.

Sumber :
http://edhaninotes.blogspot.com/2014/06/mengenal-batik-lereng-lesung.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Lereng_Lesung_Mandiri
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar